Halaman

Minggu, 16 Desember 2018

Mood Booster: Penyemangat yang Harus Selalu Dijaga Keberadaannya

Musim liburan telah tiba. Bagi anak sekolah sekarang adalah liburan semester pertama, dua minggu sebelum pergantian tahun. Bagi orang kantoran akan ada libur Natal dan Tahun Baru yang saling berdekatan. Bagi wiraswasta dan petani ataupun nelayan juga bisa jadi waktu berlibur, karena mereka bisa libur sesuka hatinya. Bisa dikatakan, Desember adalah bulan liburan. Bulan yang akan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari sektor pariwisata dan segala hal yang berafiliasi dengannya.

Bagi kita, liburan adalah waktunya mind re-refresh alias menyegarkan kembali pikiran. Waktunya mencari mood booster alias pendongkrak semangat. Mengapa mood booster berkaitan dengan mind refresh?
Karena, ketika mood kita baik maka pikiran kita akan jernih dan segar. Ini akan menjadikan kita melakukan pekerjaan dengan fokus dan bersemangat.

Sebenarnya tidak hanya liburan atau traveling saja yang bisa dijadikan mood booster, masih banyak kegiatan lain yang bisa dijadikan mood booster yang hanya butuh biaya kecil bagi yang budget nya terbatas dibandingkan liburan yang jelas butuh biaya lebih tinggi. Dan yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum mood kita akan menjadi lebih bagus, beda dengan cemberut yang akan menjadikan mood menjadi lebih jelek. Tidur juga bisa dijadikan mood booster, karena dengan tidur tubuh akan beristirahat termasuk pikiran kita.

Metode lain yang bisa dilakukan adalah metode distraksi. Yaitu pengalihan suasana pikiran. Ini bisa dilakukan dengan cara main game, nonton film, kuliner, menekuni hobi atau cara lain yang bisa mengalihkan pemikiran kita dari rutinitas sehari-hari.

Tiap orang sebenarnya punya cara yang berbeda-beda untuk menemukan mood boosternya. Satu metode yang berhasil dari satu individu belum tentu berhasil untuk individu yang lain, karena ini berkaitan dengan minat, hobi dan kebiasaan seseorang. Tinggal kitanya saja yang harus mencari mood booster yang sesuai dengan diri kita.

Dalam Islam pun juga terdapat tuntunan yang bisa digunakan sebagai mood booster untuk menyegarkan kembali pikiran kita.

Yang pertama adalah dzikrullah yaitu mengingat kepada Allah.
Salah satu bentuknya adalah sholat. Orang yang rajin sholat lima waktu bisa dipastikan dia tidak akan stress, karena dia selalu ingat kepada Allah.

Firman Allah SWT surat Ar Ra'd: 28 
ﭐﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ۟ ﻭَﺗَﻄْﻤَﺌِﻦُّ ﻗُﻠُﻮﺑُﻬُﻢ ﺑِﺬِﻛْﺮِ ﭐﻟﻠَّﻪِ ۗ ﺃَﻟَﺎ ﺑِﺬِﻛْﺮِ ﭐﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻄْﻤَﺌِﻦُّ ﭐﻟْﻘُﻠُﻮﺏُ
"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram".


Yang kedua adalah membaca Al-Quran.
Bahasa yang indah dari Al Qur'an akan membuat hati kita tenang, walaupun kita tidak tahu artinya itu sudah menjadi ladang pahala bagi kita. Terlebih-lebih kalau kita juga menghayati artinya.
" Al Qur'an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin ".(Al Fussilat: 44)

Yang ketiga adalah Silaturahim.
Dengan menjaga silaturahim akan menghilangkan perselisihan atau kesalahan fahaman yang mungkin terjadi. Kita juga bisa saling curhat dan ngobrol yang akan membuat hati gembira.

Setiap orang punya mood boosternya sendiri-sendiri. Orang tua, anak ataupun orang terkasih juga merupakan mood booster kita. Terkadang karena rutinitas ataupun tekanan, kita berada pada titik jenuh yang membuat mood kita menjadi kabur-kaburan alias bad mood. Akibatnya menjadikan kemalasan melanda dan juga angin-anginan dalam sebuah pekerjaan. Pada saat inilah mood booster harus kita dapatkan. Kita harus menjadikan mood booster yang ada sebagai generator yang akan membuat semangat kita selalu berapi-api. Membumi hanguskan apa saja!!!

Sudahkah anda menemukan mood booster anda???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar