Halaman

Rabu, 02 Januari 2019

Ingin Memelihara Hewan Unik yang Tidak Biasa? 10 Hewan Berikut Layak Dipertimbangkan

Memiliki hewan peliharaan adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi para pecintanya. Pada umumnya orang memiliki hewan peliharaan yang memang sudah biasa dipelihara seperti kucing, anjing atau kelinci. Tetapi ada juga lho orang yang punya hewan peliharaan yang tidak umum dipelihara. Bagi mereka tentu ada kebanggaan tersendiri ketika hewan peliharaan mereka merupakan hewan unik yang tidak banyak orang memeliharanya.

Dikutip dari brilio.net dan tahupedia.com, berikut 10 hewan unik yang juga asyik untuk dipelihara.

1. Tarantula
Tarantula merupakan jenis laba-laba raksasa yang bentuknya besar dan berbulu. Tarantula termasuk dalam kelompok Theraphosidae. Bangsa Theraphosidae kurang lebih memiliki 900 macam spesies tarantula. Banyak sekali para peternak yang membudidayakan Tarantula Amerika. Ini dikarenakan harganya sangat tinggi dan paling banyak dicari di pasar hewan peliharaan jenis reptil.

2. Landak Mini
Landak mini merupakan mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae. Landak mini dalam 5 genus memiliki 16 spesies yang dapat ditemukan di Selandia Baru, Asia, Afrika dan Eropa. Landak mini ini memiliki duri dibadannya yang sangat mudah untuk dikenali, yang mana duri tersebut adalah rambut berongga yang keras.
Duri landak mini sangatlah aman tidak seperti duri landak hutan, karena duri landak mini tidak mengandung racun. Jika kita sudah terbiasa memegangnya, lama kelamaan duri tersebut tidak terasa sakit, namun hanya terasa seperti memegang sikat rambut.

3. Kecoa Madagaskar
Kecoa Madagaskar atau pemilik nama latin dari Gromphadorhina portentosa merupakan serangga yang berasal dari Amerika Serikat. Kecoa madagaskar cenderung memiliki gerakan yang lebih lambat dibanding kecoa yang ada di indonesia, sehingga mudah untuk di pelihara.
Kebanyakan orang pasti akan merasa jijik dan geli atau bahkan malah merasa takut, padahal kecoa madagaskar sama sekali tidak mengandung racun. Kecoa madagaskar juga tidak memiliki bau seperti kecoa yang ada di rumah-rumah, oleh karena itu sangat mudah untuk untuk dipelihara. Cukup diberikan makan sayuran dan buah-buahan. Hewan ini sudah mulai banyak peminat yang ingin memeliharanya sebagai hewan peliharaan, bahkan ada juga yang menjadikan kecoa madagaskar sebagai pakan untuk reptil lainnya, seperti tarantula atau kalajengking beserta jenis hewan pemangsa lainnya.

4. Umang-Umang (Hermit Crab)
Hermit Crab atau di Indonesia dikenal juga dengan nama umang-umang. Cocok untuk orang yang tinggal di apartemen dan mencari hewan peliharaan yang pemeliharaannya mudah serta murah. Anda hanya membutuhkan tangki ikan atau aquarium tua, air, kerikil-kerikil, makanan dan cangkang atau tempurung dengan berbagai ukuran karena mereka berganti cangkang seiring pertumbuhan mereka.
Walaupun pada awalnya ada kemungkinan anda dicapit oleh mereka, tetapi semakin sering Anda bermain dengan hewan peliharaan ini, maka kemungkinan anda dicapit juga akan berkurang.

5. Fennec Fox
Fennec Fox adalah rubah nokturnal (hidup dimalam hari) yang berasal dari Afrika Utara. Mereka lucu serta cantik. Perilaku mereka menyerupai anjing, tetapi anda harus berhati-hati apabila hewan ini kabur, karena mereka bergerak sangatlah cepat. Anda juga harus memastikan izin dari pemeliharaan hewan ini.
Hewan ini sangat aktif, cepat, nokturnal, bersih dan lincah serta bersuara tinggi, tetapi mereka sangatlah mudah untuk dilatih seperti anjing. Mereka bahkan dapat dilatih agar pada saat dipanggil mereka datang.

6. Sigung (Skunk)
Walaupun bau, sigung sangatlah lucu. Jadi tidaklah membingungkan jika beberapa orang memelihara sebagai hewan peliharaan. Yang tidak kita ketahui adalah sigung yang menjadi hewan peliharaan biasanya kantung untuk mengeluarkan bau mereka telah dibuang terlebih dahulu, jadi tidaklah perlu takut kalau mereka bau. Mereka adalah hewan dengan penglihatan yang buruk, jadi membutuhkan tempat yang agak tertutup.
Pastikan anda telah mengecek izin pemeliharaan sigung ini, karena tidak semua negara mengizinkan memelihara hewan ini.

7. Sugar Glider 
Karena ukurannya yang kecil, hewan peliharaan ini sangat mudah untuk dibawa kemana-kemana. Kamu bisa menaruhnya di pundak, atau di kantong bajumu.
Sugar Glider yang memiliki nama latinnya Petaurus breviceps ini merupakan hewan peliharaan kecil yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora. Sugar Glider berbentuk seperti tupai terbang. Mengapa memiliki nama sugar glider ? karena hewan peliharaan ini menyukai makanan yang manis-manis seperti Nectar bunga di hutan. Dia juga dapat melayang dari satu tempat ke tempat lainnya.

8. Kura-kura Air
Kura-kura air dalam bahasa lain disebut Trapine Carolina kini telah menjadi binatang pemeliharaan yang sedang populer di kalangan remaja para pecinta hewan reptil. Hewan yang bentuknya lucu dan unik ini, hampir sebagian besar ada disemua perairan dunia baik daerah tropis dan subtropis, baik air tawar maupun air laut.
Keunikan hewan peliharaan ini adalah memiliki proses tidur dalam jangka panjang atau biasa disebut hibernasi. Proses tersebut adalah bentuk pertahanan diri terhadap cuaca ekstrim. Kura-kura air bentuk proses hibernasinya ialah dengan merendamkan diri di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim tersebut berjalan.

9. Leopard Gecko
Leopard gecko adalah hewan berjenis tokek. Di negara asalnya yakni Pakistan, Iran, dan India biasa disebut dengan tokek macan tutul. Kenapa disebut tokek macan tutul? Karena bentuk tubuhnya memiliki corak yang menyerupai macan tutul.
Hewan nocturnal (hidup di malam hari) ini telah menjadi hewan peliharaan populer bagi para pecinta pemelihara hewan reptil. Apa sebabnya bisa menjadi populer? Karena cara memeliharanya yang sangat mudah. Salah satu contohnya adalah pembuatan kandang leopard gecko yang mudah dan tidak ribet, cukup hanya menyediakan vivarium atau kotak sejenis plastik berukuran 90x45x45cm itu sudah cukup,

10. Bearded Dragon
Reptil yang berasal dari Australia ini memiliki kemiripan dengan iguana. Mengapa memiliki nama Bearded Dragon? Karena memiliki bentuk seperti naga yang berjenggot. Hewan peliharaan ini hanya dapat bertahan hidup hingga 8 tahun saja.
Karena berasal dari Australia, sudah bisa dipastikan bahwa hewan ini hidup di daerah kering dan berbatu seperti kawasan hutan terbuka yang semi gurun. Dengan habitat asli kawasan seperti itu, menjadikan hewan ini sangat suka memanjat dan juga hinggap di ranting dan semak-semak.

Bagi penghobi hewan peliharaan, punya hewan peliharaan yang sedikit agak nyeleneh tentu ada tantangan dan keasyikan tersendiri. Dan hewan-hewan diatas bisa dijadikan rekomendasi dan juga pilihan. Asalkan kita juga tahu dan paham, terkadang hewan peliharaan yang nyeleneh alias tidak biasa itu ada beberapa yang butuh penanganan yang tidak biasa pula. Asalkan kita mau mempelajari cara merawatnya dan juga mau mengaplikasikannya tentu tidak ada masalah. Karena kita tahu, mereka juga mahluk Tuhan yang tentunya harus dijaga dan disayangi keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar