Halaman

Selasa, 11 Desember 2018

Tersenyumlah! Selain Pahala, 10 Manfaat ini Akan Engkau Dapatkan

"Masha and the Bear" adalah salah satu film animasi yang langganan di tonton oleh anak laki-lakiku. Film animasi garapan Annimacord Studios dari Rusia ini adalah salah satu serial animasi favoritnya. Tiap pagi jam 05.10 WIB tidak ketinggalan dia selalu standby didepan TV. Baru setelah itu mandi, sarapan dan barangkat sekolah. 

Kalau diperhatikan, "Masha and the Bear" memang film kartun yang asyik. Salah satu pemeran utamanya yaitu Masya, adalah anak yang sedikit nakal dan jahil. Tapi dia tidak pernah pilih-pilih kawan, pemberani dan anak yang kreatif. Selain itu semua, dia adalah anak yang selalu ceria. Semua dihadapi senyuman dan keceriaan. Istilahnya,, semua dibuat easy going aja.

Dalam kenyataan nya memang tidak mudah untuk menjalani hidup dengan cara easy going aja seperti dalam film Masya. Ketika suasana hati sedang senang karena banyaknya kenikmatan yang menghampiri, senyum merupakan sesuatu yang amat murah alias gampang. Dikit-dikit senyum,, dikit-dikit senyum. Tetapi sebaliknya, ketika kesusahan dan cobaan menerpa, senyum merupakan sesuatu yang mahal. Cemberut adalah pilihannya.

Dalam ilmu fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan bibir atau ujungnya, atau pula terkadang disertai gerakan disekitar mata. Umumnya senyum untuk menampilkan rasa senang atau kebahagiaan. Sedangkan cemberut adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat adanya emosional dalam hati karena adanya sesuatu yang membuat hati tidak nyaman. Sangat mudah untuk membedakan antara wajah yang senyum dan wajah yang cemberut, karena jelas kelihatan banget.

Seperti diketahui, dibutuhkan lebih banyak otot wajah untuk membuat seseorang cemberut dibanding tersenyum. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyatakan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

Seperti yang dikutip dari detikHealth, senyum lebih banyak manfaatnya daripada cemberut. Diantaranya adalah :

1. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau menagis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabuhi tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik.

3. Senyum bisa menular
Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitar, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia.

4. Senyum bisa meredakan stress
Orang yang stress bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah.

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik dan membuat orang lebih rileks.

6. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur.

7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa menjadi obat alami.

8. Lipatan senyum diwajah bisa membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda.

9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih PD sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

10. Senyum bisa membantu orang tetap positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif.

Dalam agama pun senyum sangat dianjurkan. Orang yang tersenyum itu layaknya orang shodaqoh. Kalau shodaqoh perlu mengeluarkan harta benda, tersenyum cukup dengan menggerakkan ujung bibir tapi punya efek yang sama,, membuat orang lain senang.

Dalam Hadist nabi dijelaskan :
تبسّمُك فى وجهِ اخيك صدقةٌ
"Senyummu didepan saudaramu, adalah sedekah bagimu". (Sahih, HR. Tirmidzi. no 1956)


Dalam Hadist lain dijelaskan bahwa senyum juga adalah sebuah kebaikan,
"Jangan engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri" (HR. Muslim, no 2626)

Maka tidak perlu diragukan lagi bahwa senyum itu perlu dilakukan disetiap waktu karena begitu banyak manfaat dan faedahnya. Tetapi kita juga harus ingat, harus sesuai dengan porsi dan tempatnya. Kalau melebihi porsi dan salah tempatnya, bisa-bisa kita dianggap orang yang kerkurang 2 ons kadar otaknya,, he..he..he..

Seperti kata Dr. Aidh Abdullah Al-Qarni, penulis La Tahzan :
"JANGAN MENUNGGU BAHAGIA UNTUK TERSENYUM TETAPI TERSENYUMLAH UNTUK BAHAGIA"
Tersenyum ketika bahagia itu mudah, tetapi ketika menderita tersenyum itu menjadi sulit,, tapi bukan tidak mungkin.

Sudahkah anda tersenyum hari ini???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar