Halaman

Kamis, 27 Desember 2018

9 Super Hero dengan Background Hewan

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran hewan dimuka bumi ini sangat bermanfaat bagi manusia. Mereka adalah salah satu sumber makanan, khususnya hewan ternak, adalah sumber protein bagi manusia. Di sisi yang lain ia juga bisa menjadi kawan dan juga hiburan bagi manusia. Selain hal tersebut, hewan juga merupakan sumber inspirasi bagi manusia. Banyak sekali produk buatan manusia yang terinspirasi dari adanya hewan tersebut. Salah satunya adalah dalam dunia hiburan.

Dalam dunia hiburan khususnya film,  banyak diproduksi film yang yang mengambil latar belakang dari hewan dan juga kehidupannya. Baik film animasi, action, petualangan, horor, fantasi dan lain sebagainya. Perannya pun juga bisa bermacam-macam. Bisa antagonis, protagonis, figuran ataupun lainnya. Ada juga yang hanya sekedar inspirasi bagi tokoh utama.

Dalam film action yang bertemakan super hero, ada beberapa film yang tokoh utamanya alias sang super hero itu bentuk dan karakternya terinspirasi dari bentuk dan juga karakter hewan. Berikut penulis ulas beberapa diantaranya.

1. Spiderman
Super hero keluaran Marvel ini sudah sangat terkenal sejak dahulu. Sudah banyak film yang dirilis dengan tokoh utama dirinya. Ada juga film yang berisi gabungan beberapa tokoh super hero dimana dirinya adalah salah satunya, seperti dalam "Captain America : Civil War". 

Spiderman mendapatkan kekuatan supernya karena digigit laba-laba hasil penelitian yang berisi gabungan dari beberapa DNA laba-laba lainnya. Ternyata DNA laba-laba tersebut cocok dan menyatu dengan DNA Peter Parker, sang Spiderman. Alhasil, ia pun menjadi lincah, punya panca indera yang kuat, bisa memanjat apapun, dan bisa mengeluarkan jaring-jaring layaknya laba-laba.

2. Wolverine
Siapa yang tidak kenal dengan anggota X-Man ini, para penggemar super hero pasti mengenalnya. Super hero yang senjata andalannya cakar berbahan adamantium ini, namanya diambil dari hewan dengan nama yang sama dengan namanya yaitu wolverine. Wolverine adalah hewan mamalia pemakan daging yang punya gigi dan kuku yang sangat tajam. Dia tidak pernah takut pada hewan lain walaupun yang punya tubuh lebih besar. Sungguh sangat mirip dengan wolverine si manusia mutan bercakar.

3. Black Panther
Black Panther adalah julukan untuk raja Wakanda yang bernama T'Challa. Wakanda merupakan daerah tersembunyi di Afrika yang sudah mempunyai tehnologi tinggi dalam kehidupannya. Sumber kekuatan Black Panther berasal dari bajunya yang disebut panther habit. Baju tersebut merupakan baju turun temurun dari Raja Wakanda sebelumnya yang terbuat dari vibranium, yaitu material metal langka yang berasal dari meteor yang jatuh di Afrika. Sedangkan kekuatan tubuhnya berasal dari ramuan heart-shaped herb yang merupakan ramuan asli Wakanda dan hanya bisa dimakan oleh Raja Wakanda yang berkuasa. Apabila ramuan tersebut dimakan orang yang bukan keturunan raja Wakanda, malah akan menjadi racun, bukan menjadi sumber kekuatan tubuh sebagaimana halnya apabila dimakan raja Wakanda.

4. Falcon
Nama asli Falcon adalah Samuel Thomas Wilson. Ia adalah mantan anggota Angkatan Udara Amerika Serikat yang sejak kecil memang suka burung. Keunggulannya terletak pada sayap mekanik canggih yang berbentuk mirip sayap burung yang bisa ia kendalikan dengan sempurna sehingga bisa bermanuver dan punya kelincahan layaknya burung. Alat canggih tersebut merupakan hasil pengembangan dari Angkatan Udara Amerika Serikat yang dalam hal kelincahan terbangnya mampu mengungguli lron Man ataupun War Machine.

5. Ant-Man dan The Wasp
Kedua super hero ini adalah dua orang yang berbeda. Tetapi mempunyai kekuatan yang hampir sama. Nama asli Antman adalah Scott Lang, sedangkan The Wasp adalah Hope Van Dyne. Keduanya biasa menjalankan misi bersama-sama. Kekuatan utama mereka adalah berasal dari kostumnya yaitu bisa menyusutkan dirinya sampai sekecil semut tanpa mengurangi kekuatan aslinya. Mereka juga bisa membesarkan tubuhnya berkali-kali lipat sehingga menjadi seperti seorang raksasa. The Wasp juga dibekali sayap yang bisa membuatnya bergerak sangat cepat dan juga stinger blasts, yaitu semacam senjata penyengat. Keunggulan lain The Wasp adalah memiliki senjata yang yang bisa mengecilkan dan membesarkan suatu barang.

6. Batman
Batman adalah salah satu tokoh super hero yang paling terkenal dari DC Comics. Kostum Batman dibuat terinspirasi dari hewan kelelawar yang awalnya merupakan hewan yang paling ditakuti oleh Bruce Wayne (nama asli Batman). Setelah latihan keras selama bertahun-tahun, akhirnya Bruce Wayne mampu mengatasi rasa takutnya terhadap kelelawar dan membuat kostum tersebut. Ia juga membuat berbagai macam senjata dan juga kendaraan yang mempunyai ciri khas bentuk kelelawar. Ia melakukannya, karena kota Gotham yang ia tinggalkan selama bertahun-tahun menjadi kota yang tidak aman dan juga sarang penjahat ketika ia kembali kesana.

7. Catwomen
Nama asli Catwomen adalah Patience Prince. Sebenarnya ia adalah gadis yang pendiam, kaku dan pemalu. Suatu ketika ia mengetahui konspirasi jahat mengenai sebuah produk kecantikan tempat dia bekerja. Akhirnya dia dijebak untuk dibunuh. Tetapi pembunuhan tersebut tidak terlaksana karena dia diselamatkan oleh seekor kucing mesir kuno yang punya kekuatan mistis. Kucing tersebutlah yang memberinya kekuatan sehingga punya kecepatan, kelincahan dan kekuatan diatas rata-rata manusia normal.

8. Kura-kura Ninja
Judul asli film ini adalah Teenage Mutant Ninja Turtless. Film ini bercerita tentang 4 ninja kura-kura humanoid yang bernama Leonardo, Michelangelo, Donatello, dan Raphael. Mereka belajar beladiri ninja dari mahaguru mereka yaitu Splinter yang merupakan humanoid tikus. Keberadaan kura-kura ninja ini berasal project Renaissance yaitu percobaan untuk menciptakan mutagen yang berguna bagi percepatan penyembuhan. Karena sebuah kecelakaan pada laboratorium, mutagen itu menyebabkan kura-kura yang waktu itu juga berada di dalam laboratorium bermutasi menjadi humanoid, yaitu mahluk yang menyerupai manusia tapi aslinya bukan manusia. 

9. Ksatria Baja Hitam
Ksatria Baja Hitam atau judul aslinya Kamen Rider Black merupakan serial televisi terkenal era tahun 90-an. Film yang berasal dari jepang ini begitu digandrungi waktu itu, terutama anak-anak. Ksatria Baja Hitam aslinya bernama Kotaro Minami. Dia dan juga saudara tirinya, Nobuhiko Akizuki lahir saat gerhana matahari, sehingga diyakini punya potensi memiliki kekuatan dahsyat ketika dewasa nanti. Untuk itulah aliansi kejahatan Gorgom menculiknya dan juga saudara tirinya ketika mereka berumur 19 tahun. Mereka bertujuan menjadikan keduanya Cyborg dan diberi kekuatan agar bisa menjadi sekutu mereka. Akan tetapi Kotaro Minami tidak berubah menjadi jahat walaupun sudah menjadi cyborg dan punya kekuatan pemberian Gorgom. Berbeda dengan saudara tirinya, Nobuhiko Akizuki yang menjadi sekutu Gorgom. Akhirnya Kotaro Minami dengan kekuatan yang ia miliki menggunakannya untuk memerangi kejahatan dan melawan balik aliansi kejahatan Gorgom.

Didalam dunia hiburan terutama film, pada proses pembuatannya memang dibutuhkan dana, tehnologi dan juga kekreatifan yang luar biasa dari para pembuat dan pekerjanya. Ini semua demi terciptanya sebuah film yang berkualitas dan benar-benar menghibur. Dan hewan, adalah salah satu sumber inspirasi mereka.

Kita tunggu saja, super hero apalagi yang akan diciptakan selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar