Halaman

Jumat, 28 Desember 2018

10 Ras Kucing Termasyhur di Dunia

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling banyak peminatnya didunia. Ini bisa dimaklumi, karena kucing adalah hewan yang jinak, lucu, menggemaskan, manis, dan relatif tidak terlalu rumit dalam perawatannya. Soal menu makannya pun juga tidak susah, apalagi sekarang sudah banyak makanan jadi untuk kucing.
Bersumber dari http://www.tahupedia.com, berikut jenis-jenis kucing berdasarkan rasnya yang terkenal didunia.

1. Persian
Siapa yang tidak tahu kucing jenis ini. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang paling popular di dunia karena bulunya yang panjang, halus, mata yang menarik dan juga wajahnya yang unik. Kucing Persia ini juga termasuk dalam salah satu jenis kucing tertua di dunia layaknya Abyssinian dan Maine Coon. Sifatnya yang tenang, manis dan suka suasana yang tenang menjadi pilihan yang tidak bagus untuk keluarga yang memiliki banyak anak dan peliharaan lain. Bulunya yang panjang membuat kucing Persian ini harus sering mendapat perawatan khusus untuk menjaga keindahan bulunya.

2. Maine Coon
Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing yang popular di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Sama dengan Abyssinian, Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing yang tertua di dunia. Dinamakan Maine Coon selain karena berasal dari Maine, Amerika Serikat juga ada mitos yang mengatakan bahwa Maine Coon ini adalah hasil persilangan kucing liar dengan racoon. Dikarenakan ekor dari Maine Coon yang mirip dengan racoon. Maine Coon termasuk salah satu kucing besar dengan tinggi bisa mencapai 1 meter. Memiliki tubuh dengan bulu yang lebat, berkilau dan tahan air untuk bisa beradaptasi dengan cuaca yang ekstrim.

3. Exotic Shorthair
Adalah salah satu kucing paling popular di dunia yang merupakan hasil persilangan antara jenis Persia dengan American Shorthair. Kucing jenis ini memiliki badan pendek, bahu yang lebar dan otot yang kuat. Kucing ini sangat popular karena memiliki mata bulat dan besar disertai warna kuning, biru dan keemasan. Karakter kucing Exotic Shorthair sangat mirip dengan Persia, tenang dan lembut. Memiliki sifat penasaran dan senang bermain. Mudah bergaul dengan kucing dan hewan lainnya.

4. Abyssinian
Salah satu jenis kucing yang popular di dunia terutama di Amerika Serikat. Walaupun lebih popular di Amerika, kucing ini aslinya berasal dari Ethiopia. Merupakan jenis kucing tertua di dunia. Di jaman Mesir kuno, kucing ini banyak ditemukan pada lukisan dan patung. Dengan tubuh kekar, telinga besar dan mata yang seperti almond ini membuat bangsa Mesir pada waktu itu. Abyssinian termasuk dalam golongan kucing cerdas. Rasa ingin tahunya yang besar membuatnya selalu ingin tahu segala sesuatu yang dilakukan oleh pemiliknya. Abyssinian juga termasuk dalam kucing yang mudah dilatih, setia dan juga penurut.

5. Siamese
Salah satu kucing yang paling popular di dunia adalah kucing Siam yang berasal dari Thailand. Kucing Siam memiliki tubuh ramping, kaki dan ekor yang panjang dan mata biru yang indah. Kucing Siam juga termasuk dalam kucing berbulu pendek seperti Sphynx. Kucing Siam ini terkenal akan kecerdasaan, kelincahannya dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kucing Siam juga termasuk kucing yang mudah beradaptasi dengan hewan lain.

6. Ragdoll
Adalah salah satu jenis kucing terbesar dan popular di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Berasal dari seorang peternak kucing yang sering meminjam kucing tetangganya untuk dikawinkan. Ada 6 macam warna pada Ragdoll, tapi yang popular hanya 4 yaitu seal(keabu-abuan), biru, ungu dan coklat. Memiliki tubuh yang besar dan bobot yang berat, Ragdoll termasuk kucing yang mudah beradaptasi dan akrab dengan manusia.

7. Sphynx
Kucing yang pada awalnya bernama Canadian Hairless ini memiliki ciri khas bulu yang sangat sedikit bahkan terlihat hampir tidak memiliki bulu. Walaupun namanya Sphynx, tapi kucing ini bukan berasal dari Mesir. Sphynx aslinya berasal dari Kanada. Sphynx memiliki tubuh berukuran sedang, tegap dan dada yang lebar. Kucing Sphynx termasuk dalam kucing yang aktif dan juga sangat dekat dengan pemiliknya.

8. Birman
Kucing cantik ini aslinya berasal dari Burma. Legenda mengatakan bahwa dulunya kucing ini adalah kucing penjaga kuil. Kucing Burma memiliki tubuh berukuran sedang, berat sekitar 4-6kg, berotot dengan mata berwarna kuning keemasan. Kucing Burma termasuk kucing yang aktif, cerdas dan mudah dilatih. Sangat mudah bergaul dengan manusia dan juga hewan lain.

9. American Shorthair
American Shorthair merupakan kucing keturunan dari European Shorthair dan British Shorthair. Pada awalnya hanya disebut dengan Shorthair saja. Namun setelah beberapa lama namanya berubah menjadi Domestic Shorthair dan sekarang lebih dikenal dengan nama American Shorthair. Memiliki karakteristik fisik sedang sampai besar, disertai cakar dan kaki yang kuat. Tubuhnya tertutup dengan bulu yang pendek dan tebal. American Shorthair termasuk kucing cerdas dan mudah bergaul dengan anak kecil. Kucing jenis ini juga dapat bergaul dengan hewan lain terutama anjing.

10. Oriental
Masih memiliki hubungan dengan kucing jenis siam, kucing jenis ini memiliki telinga besar yang runcing dan keingintahuan yang cukup besar. Kucing oriental ini termasuk jenis kucing yang pintar dan mudah bergaul dengan hewan lain. Selain itu, kucing oriental juga memiliki ikatan yang sangat erat dengan pemiliknya. Kucing yang pertama kali dikembangkan di Inggris ini memiliki rata-rata umur 15 tahun.

Kalau memang anda memutuskan untuk memelihara kucing, anda bisa memilih salah satu atau mungkin lebih diantara jenis-jenis kucing diatas. Boleh juga jenis kucing lainnya. Yang penting sesuai dengan minat, kesukaan dan tentunya isi kantong anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar